PROGRAM AND MARKETING TV


Andra S Kelana ; Batam TV


INTRO
Di station televise, kita tidak mengenal namanya ‘’Superman’’. Tetapi, bagi station televise, kita lebih mengenal ‘’Superteam’’. Satu departemen, saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Karena tujuan akhir televise adalah penonton dan pengiklan. Kalau tidak ada penonton, maka pengiklan tidak akan berbelanja di station tersebut, begitu juga sebaliknya, kalau tidak ada pengiklan, bagaimana station tersebut maun mencari penonton. Ini disebabkan, biaya produksi/biaya operasional televise itu mahal, bung!

Sebelum kepada titik, bagaimana merancang program dan marketing, perlu diingatkan adalah, ciri-ciri di station televise adalah konsisten terhadap program, mulai dari menit ke menit. Dan seorang programmer harus cepat mengambil keputusan apabila terjadi sesuatu yang tidak diduga.

Kemudian, bagi seorang programmer televise, harus bisa merancang program untuk tiga bulan ke depan [13 episode program]. Dan membuat program tisier yang harus dipromosiskan setiap saat dan waktu. Misalnya; ‘’Tunggu program kami…..’’ atau ‘’ Saksikan penayangan film ini besok malam pada pukul….,’’ begitulah seterus, sampai program tersebut diputar pada waktu yang telah ditentukan.

THE CREDO
There is no station loyalitas it’s only loyal to program.
Artinya, tidak ada penonton yang loyal terhadap salah satu station, tetapi penonton sangat loyal terhadap program-program acara yang disuguhkan oleh televise. Jadi, untuk mengikat penonton agar tetap loyal terhadap stationnya, rancanglah progam yang membuat penonton agar tetap loyal.

KEY SUCCES FACTOR
1. Avoid owner bugs
2. Clear positioning - clear bagi pengiklan, pilih program unggulan--
3. Coverage
4. Quality of programming –memotong iklan bagus, bumper in & out--
5. Human capital
6. Solid management and teamwork
7. Substantial financing

ESSENTIAL ELEMENT IN BROADCASTING MANAGEMENT
1. Management skill
2. Management function
3. Management roles

THE CHALLEUGE OF PROGRAMMER
Maximizing and maintaining audience size


GENERATING TV RATING
1. Content program
2. Schedulling
3. Promotion –on air or off air--
4. Coverage

PROGRAMMING FACTORS
1. Competing stations
2. Building audience flow
3. Building audience habitat
4. Available audience
5. Audience interest
6. Budget
7. Advertier interest
8. Program inventory
9. Local production capabilities

COMMON STRATEGIC IN PROGRAMMING
1. Lead of / lead in
2. Hammocking –meletakan program lemah dibawah program yang kuat—
3. Blocking
4. Tent polling
5. Bridging
6. Counter programming
7. Stunting –sesaat—

MARKET OVERVIEW
1. Ad spend growth slowly
2. More product / brand
3. Concentrated to big station
4. TV cluttered
5. Konsolidated ad agency
6. Smart & bargained client

PRICING STRATEGY
1. Flat rate
2. Differentiated price
• CPRP [Cost price rating point] Approach
• CPI Guaranted
• Packaged deal
• Cast discount
3. Commitment billing

PROCUT STRATEGY
1. Regular
2. Blocking program
3. Sponsorship event
4. Media Mix and cross media selling

COMMUNICATION STRATEGY
1. Leverage media group
2. Capitalize interest / mail
3. Profesionalisme & communicative brochure / flyer etc
4. Sales tool & presentation kit
5. Unigue gathering

ORGANIZATION STRATEGY
1. Marketing
2. Sales team
3. Sales support
4. Event development
5. Marketing production

THE FUTURE
1. Social forces
2. Technological forces
3. Economic forces
4. Public policy forces


0 comments: